Skip to main content

Install Ghost Blog di Raspberry Pi

Dear Pembaca Setia, Kali ini Penulis hendak berbagi pengalaman terkait instalasi Ghost Blog di Raspberry Pi. Penulis menggunakan Raspberry Pi 4b saat instalasi, namun Raspberry Pi 3b seharusnya sudah cukup.

Tutorial kali ini menggunakan Docker untuk instalasi Ghost,

karena sangat memudahkan dalam migrasi maupun instalasi kembali di tempat baru. Bagi yang belum mengetahui tentang Docker, dapat mengikuti link berikut. Pada dasarnya Docker adalah Environment yang terisolasi, sehingga memberikan jaminan Environment yang sama untuk implementasi aplikasi ke PC / Server, di berbagai OS (Mac / Unix / PC).

Disclaimer

Tutorial kali ini adalah instalasi untuk di *Local Environment*, yang hanya bisa diakses di jaringan lokal, misal di rumah yang ada WiFi nya.

Environment Preparation

Sebelum mulai untuk Instalasi, kita pastikan dulu package yang ada di RPi terupdate, dengan menjalankan perintah berikut di Terminal:

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

Kemudian lakukan instalasi Docker, dengan menjalankan perintah

curl -sSL https://get.docker.com | sh

Kemudian jadikan user Pi sebagai member dari group Docker

sudo usermod -aG docker pi

Dan lakukan instalasi Python3 Pip untuk penggunaan Docker Compose

sudo apt-get -y install python3-pip

Baru kita dapat menginstal Docker Compose

sudo pip3 install docker-compose


Instalation Preparation

Berikutnya kita akan memerlukan folder untuk menyimpan konfigurasi untuk instal Ghost, yaitu konfigurasi berbentuk file *.yaml yang dapat didownload di github ini.

Pastikan untuk mengubah url: http://ext.local menjadi url: http://IP_LOCAL_SENDIRI, atau konfigurasi dns di router (lain kesempatan akan penulis sampaikan) sehingga menjadi mirip sebuah domain seperti punya penulis.

Berikutnya, di Terminal masuk ke folder yang ada file docker-compose.yaml tadi, dan jalankan

docker-compose up -d

Dan, semua selesai...

Bila nanti ada kelanjutan cerita terkait backup, ataupun di-publish ke internet, akan penulis sampaikan di lain kesempatan.

Salam blogging...

Comments

Popular posts from this blog

Pengaturan TP-LINK TL-MR3020 sebagai WiFi Client

Dear Pembaca setia, Kali ini penulis ingin berbagi cerita, bagaimana sebuah devices (PC atau yang lain) yang tidak memiliki modul Wireless, dan hanya memiliki port LAN (RJ45), dapat terkoneksi ke jaringan dengan bantuan Wireless Router TP-Link TL-MR3020. Caranya adalah dengan

Big Truck Adventure

Informasi bagi pembaca blog sekalian, halaman game online yang saya upload kemarin linknya telah saya pindahkan ke halaman yang baru. Silahkan lihat di bagian sidebar kiri sebelah atas. Terima kasih atas kunjungannya :-)